KETERHUBUNGAN TEAM DALAM GAME

Jika kita sudah membahas tentang hubungan antara programmer dengan design maka disini saya akan mengulas semua keterhubungan antara programmer, game design, artist dan composer. Seperti artikel sebelumnya hubungan programmer dan game design adalah untuk menentukan action dan alur cerita maka peranan artist adalah “seorang seniman yang menciptakan seni untuk satu atau lebih jenis permainan . Game seniman bertanggung jawab untuk semua aspek pengembangan game yang panggilan untuk seni rupa . Game artis sering dicatat dalam -permainan peran , permainan kartu tertagih dan permainan video”(Wikipedia). Dan kalau menurut saya adalah bagian yang membuat karakter dalam game yang cocok dengan alur cerita dan latarnya.

Jadi disini kalau sudah terjadi alur cerita dan lokasi disinilah peran artist yang sangat utama yaitu membuat karakter yang cocok untuk setiap lokasi. Dimana terdapat musuh yang berbeda antara satu lokasi dengan lokasi lain dan inilah hubungan antara artist dan game design. Selanjutnya jika itu sudah cocok maka programmer hanya mengembangkan saja dari carakter yang sudah ada agar bergerak dan menjadikannya hidup dalam suatu lokasi yang sudah didesign. Kemudian programmer menentukan gerakannya pola musuh yang akan menghampiri carakter pemain yang itu semua membutuhkan rumus fisika dan matematika.

Selanjutnya jika semua itu sudah berjalan dengan baik maka harus ada efek suaranya agar terkesan lebih seru dan nyata. Semua itu adalah peran dari seorang Composer, composer adalah kelompok yang berkerja untuk menghasilkan potongan lagu maupun music latar belakang didalam sebuah game. Disini peranan composer sangat berarti dalam asik tidaknya sebuah permainan. Hubungan antara composer dengan programmer adalah disaat programmer membuat suatu action / aksi misalkan saja melemparkan benda dan memukul musuh maka composer harus membuat suara yang nyata dari semua itu ataupun composer dapat menjadikan suara itu lucu agar menarik pemain untuk memainkannya. Tidak hanya itu composer juga mempunyai hubungan yang baik dengan game design dimana jika suatu alur cerita tidak ada potongan music ataupun music latar belakang game menjadi hampa dan tidak nyata. Misalkan saja kita bermain dalam situasi perang misalnya tidak ada suara letusan,teriakan,senapan dan lainnya maka tidak seru dan asik,oleh karena itu hubungan antara composer itu sangat penting.

Jika semua sudah terjalin dengan baik game design sudah menentukan alur cerita level serta setingnya,programmer sudah menentukan action dan evennya, artist sudah mendesign carakter dan sebagainya, composer sudah menentukan suara dan lainnya yang meningkatkan efek nyatanya. Maka game tersebut akan diterima dengan baik oleh para pencinta game sejati diseluruh dunia.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_artist

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game_music

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design

0 komentar:

Posting Komentar