Game Engine D3D Studio Max ( 3D max)


Pengertian 3D max (Secara Luas)


3D Studio Max (3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.(Wikipedia)

3ds Max salah satu paket software yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. (Wikipedia)

Saya dapat simpulkan bahwa 3dmax adalah sebuah software pembuatan 3dimensi baik berupa animasi pada film, game, website maupun yang lainnya.Oleh karena itu 3dmax sudah sangat dikenal oleh para pembuat animasi bahkan pemula bahwa software ini adalah software yang paling menonjol antara software 3d yang lainnya. Yang paling membuat 3d max menjadi software terbaik saat ini yaitu 3dmax berkemampuan untuk mengolah proses modeling, animasi dan special effect 3 dimensi yang baik dan mudah untuk dipahami.

Tidak hanya itu sudah banyak film dan game yang mengunakan 3d untuk proses modeling, animasi, maupun untuk pembuatan efeknya. Contohnya saja pada film seperti X-Men, The Matrix, Dr. Doolittle 2 dan masih banyak lagi. Keren bukan… dan ini menjadikan 3dmax sebagai penghasil karya terkenal industri perfilman yang membuktikan bahwa 3ds Max Studio merupakan the best of 3D maker.

Jika dalam film saja sudah baik software 3dmax juga bergulat pada industri game. Contohnya saja Guitar Hero I & II. Bisa kita banyangkan bahwa permainan guitar hero adalah permainan yang asik dengan modeling , animasi, dan efek yang menarik yang membuat para pencinta game tertarik untuk memaininya yang pada saat itu terdapat pada Playstation 2.

Pada saat ini para perusahaan yang bergerak dibidang arsitektur bangunan sudah mulai menggunakan 3D Studio Max untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital.

Hasil akhir 3D’s Max adalah file dalam bentuk JPEG (single) maupun AVI (animasi). Animasi dan efek 3 dimensi (pengaturan cahaya, animasi kamera, tekstur, dan pemilihan material) memberikan kesan riil pada obyek dibuat.

3D max (Game Engine)

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas 3d max juga dapat membuat game. Game yang dibuat 3d max adalah game yang menarik, baik dari segi tampilan maupun permainannya.Saat ini hampir semua game sudah ditampilkan dalam bentuk 3D. Ini dimaksudkan agar game dapat tampil lebih atraktif, hidup dan memikat hati para gamer. Dengan 3D, para gamer akan mendapatkan sensasi bermain game yang luar biasa, yang berdampak pada semakin meningkatnya minat, animo maupun antusiasme dalam memainkan game itu sendiri.

Oleh karena perkembangan game 3d itu 3d max mejadi alternative atau sarana untuk mewujudkan game agar dapat bersaing dan menempati posisi pertama pada penguna game (gamers) dengan efek dan segala sesuatunya yang indah baik dari segi karakter, latar, efek dan lainnya. Dan menjadikan 3d max menjadi game engine nomor 1.

Latar belakang 3Dmax

Awalnya 3Dmax kenal sebagai Discreet and Kinetix. Kemudian dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio yang digunakan untuk DOS yang mempunyai platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi Autodesk, Discreet Logic.

Versi : 3Ds Max 7. 3Ds Max Autodesk 8, 3Ds Max Autodesk 9

Sumber :

http://klanzicoland.wordpress.com/2008/05/17/pengertian-3d-max/

http://sun4son.blogspot.com/2010/09/pengertian-3dmax.html

http://id.wikipedia.org/wiki/3D_Studio_Max

0 komentar:

Posting Komentar