Pengaplikasian dan Tools Pada 3D max

Pengaplikasian 3d max

Pengaplikasian 3d max yang saya angkat kali ini mengenai pembuatan game, Bila kita sudah memiliki file model 3D yang menggambarkan suatu karakter game, kita harus mengkonversi file ini menjadi file yang dapat dibaca oleh tool yang kita gunakan untuk pemrograman game. Bisa mengunakan APIs DirectX dengan Visual C++, dan harus mengkonversi dari 3DS Max ke file 3D-nya DirectX yaitu file ".X" agar dapat menggunakan file model tersebut.

Game yang diciptakan 3d max adalah game guitar hero yang dimana didalam guitar hero ini terdapat suasana pangung dan sebagainya untuk acara band.User atau pemain mengunakan sebuah karakter yang dipilih kemudian pada saat permainan berjalan maka akan muncul gitar yang didalamnya terdapat senar dan pada setiap senar itu terdapat sebuah tombol yang nantinya akan kita gunakan untuk memainkan gitar agar sesuai dengan lagu yang dimainkan.

Pada game ini terdapat beberapa karakter yang menarik dari segi tampilan maupun segi kreatifitas. Bayangkan saja sebuah software 3d dapat membuat hal yang menarik ini. Tidak hanya itu terdapat efek – efek yang cangih dan sangat baik dan itu terjadi apabila kita mendapatkan bonus karena tidak melakukan kesalahan ketika memainkannya.

Seperti inilah tampilannya :


Sangat bagus bukan. Inilah hasil kreasi 3 dimensi yang dibuat 3d max. Setelah kita membahas implementasinya maka saatnya kita lebih jauh mengenal toolsnya.

Tool pada 3d max






· Geometry

Diwakili oleh gambar bola, memilih subset ini memungkinkan Anda menggambar apapun geometri tiga dimensi.

· Shapes

Diwakili oleh ikon bentuk, subset ini memberikan akses ke alat gambar untuk flat, objek 2D: Splines (lingkaran, segi empat, dll) dan NURBS Curves ..

· Lights

Subset diwakili oleh seorang "senter" dengan alat-alat untuk membuat set lampu / pencahayaan

· Cameras

Diwakili oleh grafik kamera, ini berisi jenis kamera: Target dan gratis. Menu dropdown untuk subset ini hanya berisi jenis Standar.


· Helpers

Berupa pita pengukur kecil, dan seperti pita pengukur yang terkandung dalam alat-alat yang berguna untuk pembangunan adegan. Pilihan dropdown ini untuk subset ini adalah Standar (dummy, meteran, kompas, dll), Atmosfer Aparatur, Kamera Match, dan Manipulators.

· Space Warps:

Berupa ikon yang menggambarkan beberapa gelombang. Pilihan dropdown termasuk Angkatan (motor, push, vortex, dll), pemecah, geometrik / Deformable, dan Modifier Berbasis.

· Systems:
Berupa ikon yang menggambarkan dua gigi, memungkinkan membuat tulang, sistem matahari, sistem biped penuh, dan array cincin. Menu dropdown untuk subset ini hanya berisi jenis Standar.


· Pivot :

Digunakan untuk mengatur titik poros benda, termasuk bagaimana memindahkan / memutar / skala alat mempengaruhi mereka (seperti pengaturan mereka untuk mempengaruhi hanya pivot points mempengaruhi objek saja, atau mempengaruhi seluruh hirarki),

· IK :

Di sini Anda dapat mengontrol Anda IK (inverse kinematik) pengaturan. IK merupakan metode animasi yang dapat mengontrol perilaku seluruh rantai objek sekaligus, seolah-olah mereka benar-benar terikat dan dipengaruhi oleh kekuatan satu

· Link Info :

Subset ini sangat sederhana, ini memungkinkan Anda baik mengunci atau membuka gerakan, rotasi, atau scaling pada sumbu, dan menentukan di mana sumbu gerak, rotasi, atau scaling diwariskan.



· Parameter :

Di sini Anda dapat menetapkan controller untuk gerak Anda (seperti posisi, rotasi, atau skala), menciptakan kunci bagi mereka kontroler, atau mengedit informasi bingkai kunci Anda untuk mengatur gerak untuk mempermudah menjadi kunci, kemudahan dari kunci, atau berbagai pengaturan lainnya.

· Trajectories :

Ini memungkinkan Anda melihat jalur objek perjalanan dari waktu ke waktu, dan menggunakan visual untuk mengendalikan jalan.

Demikian pembahasan saya tentang pengaplikasian dan tools pada 3D max.Terimakasih,,,

Sumber :

http://animation.about.com/od/3danimationtutorials/ss/3dsmax_less1p3_3.htm

http://klanzicoland.wordpress.com/2008/05/17/pengertian-3d-max/



0 komentar:

Posting Komentar