SERBA - SERBI PEMBUATAN GAME

Pada artikel kali ini saya ingin mendalami tentang games, dan disini saya akan membahas proses terjadinya game itu sendiri. Game dibuat pada tahun 1970, sebagai salah satu bentuk hiburan. Kemudian kembangkan dan diproduksi sampai sekarang ini, dari game 2 dimensi sampai game 3 dimensi.

Game itu sendiri membutuhkan produsen yang bertugas untuk mengawasi perkembangan sebuah game. Tidak itu saja produsen juga bekewajiban untuk mengatur segala sesuatu yang terjadi pada game dan menjadikan game berkualitas pada akhir pembuatannya.

Akan tetapi taukah produsen game membutuhkan team yang mampu kerjasama. Kerjasama yang baik dari team ini akan menjadikan games lebih seru dan lebih nyata/ realistis. Team itu sendiri terdiri dari banyak bagian, yaitu :

1. PROGRAMMER

Secara garis besar programmer dalam game adalah bagian yang menciptakan mesin dasar permainan dan ilmu fisika serta grafisnya.

2. DESIGN

Disini bagian design dimaksudkan untuk membantu programmer menciptakan peraturan dalam permainan, alur cerita,latar /lingkungan game itu berada.

3. ARTIS

Artis adalah bagian yang membuat karakter dalam game yang cocok dengan alur cerita dan latarnya.

4. Composer

Selanjutnya ada composer yang berguna untuk memadukan suara dengan semua yang sudah dibuat oleh bagian – bagian sebelumnya yaitu programmer, design, artis sehingga permainan menjadi lebih seru.

Seperti inilah Team pembuatan game. Dan setidaknya mempunyai 4 bagian diatas. Game akan banyak tejadi kesalahan dalam permbuatannya maka harus ada kerja sama yang kompak antara bagian team dalam penyelesaian game tersebut.

Penjelasan lebih lanjut akan saya bahas lagi dalam artikel –artikel selanjutnya yaitu tentang hubungan antara bagian – bagian team untuk menjadikan game, serta contoh game yang sudah tercipta dari kerjasama antara team game.

Terimakasih……..

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_artist

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_testing

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://www.indomanga.com/index.php?PHPSESSID=7d8a8f68e0d56b8b4d6430223caf749c&topic=1314.msg47455#msg47455

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game_music

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design

http://godofshadow.wordpress.com/2010/03/23/persiapan-membuat-game/

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game_producer

http://en.wikipedia.org/wiki/Level_design

0 komentar:

Posting Komentar