HUBUNGAN ANTARA PROGRAMER DAN GAME DESIGN

Programer game adalah software engineer , programmer , atau ilmuwan komputer yang terutama mengembangkan basis kode untuk video game atau terkait perangkat lunak , seperti alat-alat pengembangan game . pemrograman Game memiliki banyak disiplin ilmu khusus yang semuanya berada di bawah payung istilah "programmer permainan". “Wikipedia”.

Game Design adalah sebuah disiplin pengembangan permainan yang melibatkan penciptaanvideo game tingkat -locales, tahapan, atau misi. Hal ini umumnya dilakukan dengan menggunakan tingkat editor , sebuah pengembangan perangkat lunak permainan yang dirancang untuk bangunan tingkat, namun beberapa permainan fitur built-in editing tools tingkat. desain Level adalah baik suatu proses artistik dan teknis. “Wikipedia”

Menurut saya “ Secara garis besar programmer dalam game adalah bagian yang menciptakan mesin dasar permainan dan ilmu fisika serta grafisnya. dan bagian design dimaksudkan untuk membantu programmer menciptakan peraturan dalam permainan, alur cerita,latar /lingkungan game itu berada, dan programmer tidak perlu susah payah menentukan alur cerita hanya membuat action dan otak dari game itu sendiri karena sudah ada game design yang berkerja”.

Jadi disini saya akan mengulas hubungan antara keduanya menjadikan sebuah game yang bagus. Saya ambil contoh game chip & dale. Dalam game itu programmer bertugas untuk menjadikan semua character dapat bergerak misalnya saja chip dan dale sebagai tokoh utama bisa berjalan, melompat, dan melemparkan benda benda kearah yang kita tuju,kiri,kana,atas dan bawah dengan cara melompat terlebih dahulu. Lalu programmer menjadikan carakter musuh dapat berjalan dan sebagainya. Dalam proses jalan itu sendiri programmer harus melakukan persamaan antara jalan hewan tupai dengan manusia. Karena karakter yang dibuat disini adalah tupai maka berjalanya harus seperti tupai akan tetapi disini chip & dale berjalan seperti manusia sebagai mana yang sudah dilakukanya dalam film. Programmer menjadikan ini semua menarik dan nyata gerakan berjalan even ketika melewati tempat-tempat berbahaya. Misalkan pada tempat yang dimana latarnya adalah listrik dan disitulah programmer berusaha agar event yang terjadi itu nyata, pada saat tersengat listrik dan menentukan gerakannya.

Peranan Game design adalah membatu programmer dalam menseting lokasi dimana misalkan dalam sebuah jalan terdapat apel, kotak,musuh – musuh sehingga game tersebut lebih menarik. Ketika terdapat kotak maka programmer akan melakukan action untuk mengambul kotak tersebut atau melompati kotak tersebu begitu juga dengan apel dan musuh bisa melemparkan kotak yang sudah di ambil atau melompatinya.

Game design juga membuat alur cerita yang menarik dengan adanya bonus dan bantuan dari teman. Membuat permainan menjadi lebih sulit dengan adanya musuh utama yaitu raja pada setiap levelnya. Menjadikan game lebih berwarna dengan seting lokasi yang menarik dan disinilah peran programmer yang memanfaatkan alur cerita dengan action agar semua berjalan baik dan menarik. Dan programmer tidak harus bingung dengan desainer game , yang bekerja pada desain game .

Seperti itulah hubungan antara game design dengan programmer yaitu saling membantu dalam proses terjadinya game.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design

0 komentar:

Posting Komentar