PENGENALAN DAN PEMBAHASAN TOOLS PADA BLENDER versi 2.49b

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tools yang ada pada Blender versi 2.49b yang digunakan untuk Windows. Akan tetapi tampilannya berbeda dengan tampilan pada blender beta. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang toolsnya, kita harus tau apa itu blender. Blender adalah program untuk menbuat 3D dan animasi, dan program ini berbasis opensource karena bersifat Legal. Blender itu sendiri memiliki video compositor intergrated game engine. Kenapa saya menjelaskan tentang blender karena blender mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan program 3d lain yaitu tidak menggunakan program tambahan lain untuk membuat game karena blender sudah membpunya game engine sendiri dan mengunakan bahasa python.

Blender juga menggunakan OpenGL sebagai proses pengeditan grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

Dan sekarang waktunya saya akan menjelaskan Panel Utama pada blender , yaitu:

1. Menu

Pada menu terdapat :

a) File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain

b) Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D

c) Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender

d) Game berguna untuk memulai scripting program game

e) Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya

f) Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user

2. View Port

Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya

3. Tool Button

a) Translate Manipulator Mode

Mempunyai simbol segitiga merah

Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G

Kegunaannya adalah untuk mengambil objek

b) Rotate Manipulator Mode

Mempunyai simbol lingkaran hijau

Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R

Kegunaannya untuk merotasi objek

c) Scale Manipulator Mode

Mempunyai simbol persegi biru

Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S

Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek

d) Transform Orientation

digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi

e) Rotating / Scalling Pivot

Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah,

Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point

Dan setelah kita mengulas blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D

Keunggulan Blender 3D

1. Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.

2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,rendering, compositing, post production dan game creation.

3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.

4. Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.

5. Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.

6. Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.

7. File yang berukuran kecil.

8. Terlebih lagi Free atau gratis.


TOOLS PADA BLENDER

Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :

1. Modeling

Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D

2. UV Mapping

Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya

3. Texturing

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.

4. Rigging

Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek

5. Skinning

Adalah pemberian skin pada objek/ model

6. Animasi

Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.

7. Particle

Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.

Dan untuk simulasi tedapat:

1. Scripting

2. Rendering

3. Compositing

4. Post production

5. Game creation.

http://candle-dee.blogspot.com/2010/06/game-engine-blender-vs-ogre.html

http://www.devilzc0de.org/forum/thread-3642-post-41488.html#pid41488

http://ardi-firmansyah.blogspot.com/2010/11/blender-getting-started.html

http://www.pusatgratis.com/software/software-desain/membuat-animasi-3d-dengan-blender-3d.html

0 komentar:

Posting Komentar