Membuat Muka Batu Sederhana dengan Blender

Pada artikel kedua saya tentang blender saya akan membuat sebuah muka batu yang sangat sederhana , dan seperti ini pembuatan:

Pertama buka blender dan akan muncul tampilan awal seperti ini:

Memang pada awalnya terdapat gambar cube/kotak, dan untuk menghapusnya kita gunakan tobol “X” atau “del” pada keybord dan akan terhapus. Selanjutnya kita mulai saja akan tetapi disini saya tidak menggunakan modeling, karena biasanya modeling digunakan untuk membuat animasi/ karakter yang lebih baik. akan tetapi untuk pemula kita bisa langsung menuangkan inspirasi kita saja.

Perlu diingat kita bisa melihat dari sisi tampilan yang kita inginkan dengan menekan tombol numlock pada keyboard sebelah kanan, dan ini digunakan untuk memudahkan kita melihat objek.

Selanjutnya kita akan membuat wajah dengan cara :

1. Tekan space

2. Mesh

3. UVsphere

Dan akan seperti ini :




Setelah sudah seperti ini, perlu diingat untuk melakukan seleksi gambar dengan mengklik kanan.

Selanjutnya membuat mata dengan cara :

1. Buat kembali UVsphere

2. Kecilkan UVsphere/ bola dengan cara menekan tombol “s”.

3. Ulang langkag 1 dan 2 akan tetapi bola lebih kecil untuk membuat iris dan rekatkan atau memasukan bola kecil kedalam bola besar akan seperti ini.

4. Dan untuk memindahkan objek tekan “G”, bila untuk sejajar dengan sumbu x, maka G + x dan seperti itu jika sumbu y serta z. Dan tampilannya seperti ini :


5. Berikan warna pada bola 1 dengan klik kiri pada bola yang dituju kemudian tekan F5 >> add new>>pada tab material pilih warna yang disuka, misal biru pada kotak col.

6. Lakukan langkah yang sama pada bola kedua, dan beri warna merah

7. Copy kedua bola itu dengan cara shift + “d” / membuat duplikat,

8. Pilih kedua mata tersebut dengan menekan tombol shift kemudian seleksi dengan klik kanan kemudian di gabungkan dengan menekan ctrl + p , dan seperti ini hasil dari pada mata tersebut.

9. Bila terjadi kesulitan untuk menyeleksi semua tekan saja “B” kemudian blok dan akan terseleksi semua yang kita mau.Dan seperti ini:



10. Masukan kedua mata tersebut kedalam wajah yang sudah kita buat.

11. Ketika sudah buat kembali untuk kepala lancip dengan memasukan mesh berupa cone, yaitu kerucut dengan cara yang sama yaitu:

a. Tekan space

b. Mesh

c. Cone

12. Letakan diatas wajah dan akan seperti ini hasilnya:

13. Selanjutnya untuk membuat agar tampilannya lebih halus kita gunakan set smoot, dengan cara seleksi objek kemudian tekan F9 dan pada tab link and materials pilih set smoot.

14. Ups,,,,hampir lupa buat mulutnya dengan cara menyeleksi wajah selanjutnya tekan “Tab”>> bila berwarna kuning tanda terseleksi tekan “A” untuk menghilangkannya, kemudian tekan “B” untuk peruses pemilihan dan drag mouse untuk membuat hidung dibawah mata, selanjutnya tekan “S” untuk mengesilkannya dan selesai.

Selanjutnya kita berikan texture pada wajah dan rambut dengan warna batu dan menjadi muka batuu…HEHEHE,,,dengan cara:

1. Pilih objek muka yang akan di berikan texture kemudian tekan F6 untuk texture maka akan tampil seperti ini:



2. Pilih add new pada tab texture dan akan ada pilihan texture type>>ubah none menjadi image dan pada tab image pilih load,selanjutnya pilih gambar yang ada pada computer anda dan disini saya mengunakan gambar batu.

3. Lakukan hal 1 dan 2 untuk proses texturing pada krucut untuk kepala.

4. Setelah selesai lakukanlah rendring dengan cara F12. Dan selesai terimakasih

Dan inilah hasilnya…..selamat mengembangkan karya anda::??::??::??:?:?:?:


::::mohon maaf apa bila penjelasan saya ini kurang jelas dan saya minta kritik dan sarannya terima kasih::::

Terinspirasi oleh tutorial yang saya pelajari dari sumber :

http://www.sangguru.com/?page_id=7

http://www.blendermagz.org/

Dan saya coba mengaplikasikannya..


0 komentar:

Posting Komentar