Menonaktifkan Messenger Milik Windows XP


Windows XP mempunyai messenger yang sudah terintegrasi. Sekilas mungkin Windows messenger yang terpikir. Padahal, salah, bukan itu yang dimaksud. Windows messenger hanyalah MNS yang dipaksakan masuk ke windows. Messenger yang dimasudkan net send yang dapat mengirim pesan yang melaui windows text command Prompt atau menu run.

Kalau dilihat dari fungsinya, messenger jelas-jelas bermanfat untuk berkomunikasi artar pengguna dalam jaringan. Tetapi pada kenyataannya tidak semua orang senang dengan fitur ini.

Dibalik fungsinya untuk mengantarkan pesan dalam jaringan computer, fitur ini memungkinkan orang iseng mengirimkan pesan pesan “sampah” ke computer. Jika satu atau dua pesan saja mungkin tidak jadi masalah, karena cukup menekan tombol [OK] pesan tersebut akan menghilang dari layar. Akan tetapi orang tersebut sering mengirimkan spam, tentu hal ini sangat mengangu.

Yang menjadi masalah disini, messenger Net Send tidak memiliki fitur untuk memblok computer atau penguna tertentu seperti yahoo! Messenger. Jadi terpaksa harus pasrah menerima pesan sampah dari net send.

Solusi yang terbaik untuk memecahkan maslah ini adalah dengan menonaktifkan fungsi messenger di windows. Jadi ,selain ter bebas dari ganguan, beban windows sedikit berkurang. Langkah pertama adalah dengan mengklik [start] > [control panel] > [Performance and Maintenance] > [ Administrative Tool], kemudian double klik pada ikon [Service] . pada service (local), carilah service messenger. Double klik service tersebut, kemudian akan muncul sebuah jendela baru bernama Messenger Properties (local computer). Carilah menu drop down bernama startup type, lalu ubah oposisinya ke [disable]

Agar efek penonaktifan dapat sengera di rasakan, klik tombol [stop]. Klik. [Ok], lalu tutup jendela service. Nah sudah aman . tidak akan ada lagi pesan yang nyasar ke pc. Sumber daya sistempun tidak terbuang percuma.

0 komentar:

Posting Komentar